Rabu, 04 Januari 2012

apa itu VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality)

Virtual Reality (VR). Secara bahasa berarti keadaan nyata/ide yang “dimasukkan” ke dalam dunia maya atau memvirtualkan objek nyata/ide yang tetap memperhitungakan sifat-sifat fisikanya. Oleh karena itu harus dibedakan dengan animasi 3D, yang terdapat pada film dan game, karena tidak memperhitungkan data dan kondisi fisik dari objek-objek yang berada di dalamnya (lingkungan virtual). Sebuah VR pasti memperhitungkan aspek ergonomis dan antropometri. Ini adalah added value sebuah VR. Ergonomis berarti barang yang divirtualkan harus cocok dengan anatomi  tubuh manusia ketika digunakan seperti kita menggunakan barang-barang yang  biasa berada di sekitar kita, sedangkan antopometri berarti di dalam virtualisasi tersebut diperhitungkan ukuran fisik dari gerakan manusia terhadap semua objek virtual di sekelilingnya.  Dua hal tersebut merupakan aspek analisis yang menjadi diferensiator terhadap games, aspek lainnya adalah funsionalitas. Di sisi ini komponennya adalah reachability, touchability, dan accessability. Reachability berarti objek di dalam dunia vitual dapat dijangkau, dipegang,  dapat berinteraksi dengan user, touchability berarti objek dapat dirasakan, objek yang kita pegang/sentuh memiliki berat ataupun kontur permukaan, dan accessability berarti objek dalam dunia virtual memiliki perilaku sama dengan objek dalam dunia nyata, misalkan bila dalam tubuh manusia terdapat 25 derajat kebebasan maka dalam dunia virtual pun harus sama.

berikut penjelasan dan penerapan di indonesia
Menurut terjemahan bebas di Wikipedia, virtual reality berlaku untuk lingkungan simulasi-komputer di mana seolah-olah orang yang mengaksesnya secara virtual melalui alat ataupun komputer benar-benar mengalami pengalaman seperti melakukan atau berada di tempat lain secara sungguhan.”

Ketika membuka situs ini, pada halaman depan para pembaca akan disambut dengan panorama Pantai Lengkuas dengan menggunakan teknologi VR 360° ini. Pada halaman depan juga terdapat beberapa panorama dari berbagai sudut kota seperti Jakarta, Bandung, Bali, Samarinda, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Mungkin ini adalah salah satu cara baru untuk melakukan review tempat yang akan kita kunjungi sebelum bepergian dengan melihat keindahan panorama yang dipetakan secara 360°, dan dapat melihat keindahan sebuah tempat secara keseluruhan, dalam suatu titik tertentu.

Selain menampilkan panorama dari berbagai tempat-tempat menarik di Indonsia, IndonesiaVirtual.com juga membuka peluang bagi para instansi maupun pengusaha tempat-tempat tertentu seperti hotel, resort,
museum, rumah sakit, sarana olahraga, universitas, bahkah event-event tertentu untuk dapat diabaikan dalam foto dengan teknologi VR 360° ini.



Augmented Reality

Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, namun Augmented
Reality hanya menambahkan atau melengkapi kenyataan 


 sumber: google.com / kaskus.us / indonesiavirtual.com / harymulyadi.wordpress.com


http://www.gunadarma.ac.id    
http://www.baak.gunadarma.ac.id
http://www.studentsite.gunadarma.ac.id


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar